Rekomendasi: Cara Merawat Mobil Baru

Merawat mobil baru. Setiap kali Anda memiliki item baru, pasti akan ada asuransi atau garansi, demikian ketika memiliki mobil baru. Meskipun kita sering mengendarai mobil, penyesuaian masih diperlukan untuk berbagai jenis mobil.

Terutama bagi mereka yang memiliki mobil mereka untuk pertama kalinya. Pasti ada banyak hal yang perlu diketahui termasuk pemula untuk mobil baru mereka.

Perawatan mobil harus selalu memenuhi standar yang ditetapkan oleh masing-masing produsen untuk produk mereka. Perhatikan aksesori yang terdapat di dalam mobil, seperti penutup luar, ban cadangan, dll. Setiap detail mobil harus diperhatikan agar mobil dapat bertahan lebih lama.

Tips Cara Merawat Mobil Baru

Waktu Ganti Oli

Oli memainkan peran penting dalam menjaga kinerja mesin Anda. Selain melumasi mesin, oli juga berguna untuk meminimalkan panas yang dihasilkan oleh mesin. Karena keberadaan oli sangat penting, Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Jangan sampai Anda kehabisan oli.

Keadaan ini tentu sangat merugikan karena mungkin saja mobil Anda mengalami degradasi mesin atau kelebihan beban, yang tentu saja mahal. Selain itu, risiko tabrakan dengan mobil juga lebih besar. Suara mesin juga menjadi lebih kasar ketika mobil kehabisan oli.

Kekurangan oli juga dapat mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Jangan dipaksa untuk mengganti bagian-bagian mesin Anda dengan kelalaian untuk memperhatikan tanggal penggantian.

Jadi Anda tidak perlu bereksperimen dengan hal-hal seperti yang disebutkan di atas, jadi Anda harus memahami cara memeriksa sisa oli di mesin. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat untuk mengukur oli yang sudah tersedia di dalam mobil. Celupkan alat ke dalam minyak dan perhatikan volumenya. Jika Anda memiliki tanda kerentanan, segera bawa mobil ke bengkel.

Selalu Bawa Emergency Kit

Saat mengemudi, dengan mobil baru atau lama, jangan lupa untuk selalu menyiapkan kit darurat. Dalam kotak darurat ini biasanya tali, peralatan P3K, berbagai kunci, senter dan peralatan lainnya. Semua alat ini akan sangat berguna jika Anda menemui kesulitan di jalan atau jauh dari bantuan.

Berjalan terlalu keras di pedal akselerator

Itu wajar untuk bersemangat mengendarai mobil baru, tetapi jangan biarkan jus mendorong Anda ke balapan dan pedal gas terlalu keras. Ini dapat menyebabkan mobil Anda mencapai tingkat rotasi per menit (RPM) yang salah.

Kecepatan mesin adalah referensi bagi Anda untuk menggerakkan gigi dengan tepat untuk mencapai kecepatan maksimum. Jika perubahan gigi tidak benar, kecepatan mobil akan terpengaruh. Sebagai aturan umum, batas kecepatan untuk mobil baru harus lebih rendah dari level 3.500 hingga 4.500 km / jam.

Mengemudi Jarak pendek

Di mana Anda akan mengendarai mobil Anda? Sebaliknya, jangan gunakan mobil baru Anda untuk bepergian ke tujuan yang sangat singkat. Selama 1.000 km pertama, mesin mobil baru Anda harus selalu “dipanaskan” saat Anda mengendarainya. Ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan mobil baru untuk mengendarainya ke berbagai tujuan jangka pendek. Lebih baik menghindari perjalanan sejauh 5 km, sekitar 8 km.

Ubah kecepatan rotasi menunjukkan garis merah

Bagi pengendara dengan transmisi manual, perubahan kecepatan saat mengemudi memang optimal ketika tingkat kecepatan putaran mencapai atau bahkan mencapai garis merah. Namun, ini tidak berlaku sama sekali untuk mobil baru Anda.

Khusus untuk mobil baru, disarankan untuk tidak mengganti gigi ketika tingkat kecepatan menunjukkan garis merah. Seperti disebutkan di atas, Anda harus mengganti peralatan Anda ketika tarifnya antara 3.500 dan 4.500, asalkan mobil baru belum mencapai jarak 1.000 km.

Digunakan sebagai crane

Dalam merawat mobil baru, Jangan pernah menggunakan mobil baru Anda untuk menderek mobil lain atau alat transportasi lain, terutama jika mobil tidak dirancang untuk tujuan ini. Aktivitas penarik akan memaksa mobil baru Anda membawa lebih banyak muatan, sehingga mesin harus bekerja lebih keras. Bahkan, seperti yang Anda tahu, ini sama sekali tidak disarankan untuk mobil baru, terutama jika jarak yang ditempuh tidak melebihi 1.000 km.

Penggunaan bahan bakar

Dalam perawatan mobil baru, penggunaan bahan bakar memiliki pengaruh besar. Karena penggunaan bahan bakar yang tidak tepat dapat merusak mesin mobil Anda. Secara tidak langsung, performa mobil Anda tidak akan optimal. Oleh karena itu disarankan untuk membeli bahan bakar di SPBU.

Sesuaikan beban ideal

Sesuaikan beban dengan bobot beban ideal di mobil Anda, tentukan apakah kelebihan beban ini akan menjatuhkan mobil Anda dengan cepat. Ini akan menjadi masalah saat mengemudi, karena sebagian besar kelebihan beban mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang tidak stabil dan mudah.

Hindari rem mendadak

Jangan rem mendadak, karena lapisan rem mobil Anda tidak akan tahan lama, juga akan membahayakan mengemudi.

Jaga mobil pada kotaran dikaca

Tips untuk merawat mobil baru pertama Anda, Anda harus dapat menghindari yang satu ini dari jamur yang biasanya ada di kaca atau cat body, karena jika jamur menempel atau melekat erat ke kedua bagian, tentu saja akan untuk mengurangi kesan sebagai mobil yang tidak dirawat. Selain itu, hindari saja mobil yang biasanya terjadi ketika mobil basah oleh hujan, lalu panas, jika itu terjadi, cukup bersihkan dengan kain kering. Maka hindari mengenakan mantel mobil, karena jika Anda menggunakan mantel biru saat hujan, itu akan berjamur yang melekat di mobil.

Cuci mobil setiap kali kotor

Mencuci, mungkin cara merawat mobil baru ini sepertinya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Tetapi, merenungkan pengalamannya, mencuci adalah hal yang sulit, karena efek malas sepertinya lebih sering ketika Anda melihat sesuatu yang kotor.

Meskipun masih berguna untuk mencuci mobil kotor untuk menghilangkan noda yang tersisa selama perjalanan kita, yang, jika kita membiarkannya terus menerus bahkan untuk waktu yang lama, akan menjadi noda yang sulit dihilangkan. Lebih baik setelah perjalanan, meskipun walaupun tidak hujan. Anda dapat membilas mobil dengan air bersih dan mengeringkannya dengan kain lembut, misalnya kanebo, atau kain kering lainnya untuk menghindari efek baret sesudahnya.

Service mobil berkala

Cara selanjutnya merawat mobil baru adalah mengikuti jadwal perawatan. Untuk mobil baru, jadwal biasanya ditunjukkan dalam panduan. Service secara berkala bertujuan untuk memeriksa kondisi mobil secara keseluruhan. Oli, mesin, dan semua bagian akan diperiksa. Dealer akan memberi Anda jadwal Anda tepat waktu. Tujuannya agar mesin tetap bersih. Jika Anda menunda, maka Anda menyiksa mobil. Untuk mobil baru, biaya layanan biasanya gratis. Sangat masuk akal untuk menghemat uang. Namun, kondisi mobil tetap prima dan terawat.

Gunakan mobil secara wajar dan jangan berlebihan

Agar performa mobil Anda tetap stabil dan unggul, disarankan untuk menggunakannya dengan cara yang masuk akal, misalnya dengan menggunakan transmisi tergantung pada kecepatan. Jika kecepatan rendah, gunakan kecepatan lambat dan sebaliknya. Selain itu, jauhkan dari pengereman mendadak, karena selain merusak kampas rem, kerusakan lain dapat mencegah mobil Anda terus bergerak di jalan.

Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang tidak rata

Memang, banyak jalan di Indonesia telah diaspal dengan lancar untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan. Tetapi tidak semua wilayah Indonesia memiliki jalan yang mulus. Masih banyak yang belum diaspal, meski ini sudah dilakukan, tetapi kualitas aspal tidak sebagus pada jalur komunikasi di kota-kota besar. Sebagai akibatnya, sering menghasilkan detasemen aspal di jalan.

Tentu saja, ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna, terutama bagi pengendara. Padahal mobil baru itu masih memiliki sistem suspensi yang bagus. Tetapi jika Anda terus menerus menggunakannya dijalan yang tidak rata dan mengemudi dengan kecepatan tinggi, itu akan buruk untuk sistem suspensi mobil Anda.