Tips Cara Membeli Mobil Baru

Jika Anda memiliki kendal dalam membeli mobil baru, jangan khawatir, kami akan memandu Anda cara membeli mobil baru.

Keinginan untuk membeli mobil benar-benar telah melintas di benak banyak orang, terutama mereka yang berpenghasilan cukup. Terkadang, pembeli awal hanya melihat model yang dianggap menarik dan tergantung pada jumlah dana yang mereka miliki. Mengenai pembelian mobil baru, bagi yang ingin memilikinya untuk pertama kali, ada hal-hal yang patut mendapat perhatian khusus sehingga mereka tidak kecewa setelah memiliki mobil yang diinginkan.

Jika Anda ingin membeli mobil, setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan dasar, mulai dari masalah motor hingga listrik. Penting untuk diketahui oleh calon pelanggan, terutama mereka yang ingin membeli mobil untuk pertama kalinya.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru, ada baiknya menghadiri pameran mobil dan mencari sebanyak mungkin informasi di internet. Untuk meringkas, berikut adalah beberapa panduan atau tips untuk pembeli pemula dalam membeli mobil baru, sehingga tidak bingung dalam memilih mobil yang ingin di beli.

Pertimbangkan harga jual kembali

Jangan menyesal jika harga jual kembali mobil yang kita beli turun secara signifikan. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan model dan jenis mobil yang Anda beli. Karena orang Indonesia lebih percaya pada kualitas mobil Jepang, Korea, Eropa, dll. dapat jatuh secara dramatis. Pada kenyataannya, kualitas setiap jenis mobil baik karena telah mengadopsi berbagai jenis proses untuk mencapai kualitas standar.

Namun, struktur masyarakat Indonesia sulit diubah, jadi lebih baik membeli mobil Jepang yang dipercaya orang Indonesia.

Hitung biaya perawatan dan layanan services

Saat membeli mobil baru, Tentu saja, mobil baru dan bekas membutuhkan perawatan rutin, sehingga kondisinya tetap sangat baik dan nyaman dipakai setiap hari. Jangan biarkan Anda membeli mobil hanya untuk rekreasi masuk dan keluar dari garasi karena akan mengosongkan kantong Anda setiap bulan. Karena itu, Anda harus memperhitungkan biaya perawatan mobil dan biaya perawatan lainnya. Selain itu, Anda harus memilih merek mobil dengan jaringan layanan yang baik, yang membuatnya lebih mudah dipertahankan jika terjadi kerusakan dan penggantian komponen.

Pilih mobil sesuai kebutuhan

Ada banyak jenis dan tipe mobil di Indonesia. Tetapi rata-rata dibagi menjadi dua kategori yang memiliki dua baris kursi dan tiga baris kursi. Untuk Anda yang mencari mobil keluarga, mereka lebih suka membeli mobil tiga baris, karena mereka dapat memuat tujuh penumpang secara langsung, sehingga lebih banyak anggota keluarga dapat melakukan perjalanan.

Tetapi untuk teman-teman yang membutuhkan mobil 5 penumpang, Anda dapat membeli city car seperti Honda Jazz, Kia Rio, dan banyak lagi. Selain itu, ada juga mobil otomatis dan manual yang dapat dipilih berdasarkan kenyamanan dan kebiasaan berkendara.

Memilih model yang ingin Anda beli

Jika Anda datang ke pameran mobil, jangan gegabah, pilihlah tanpa merujuk ke mobil yang ingin Anda beli. Anda bisa berubah pikiran dan mengganggu rencana keuangan keluarga Anda. Merupakan ide bagus untuk terlebih dahulu melihat informasi tentang semua model mobil yang baru diluncurkan.

Hitung anggarannya

Langkah paling penting adalah menentukan keuangan keluarga Anda di masa depan. Pastikan dalam model/tipe mobil baru yang ingin di beli harus sesuai dengan keuangan Anda. Apalagi jika memutuskan dalam membeli mobil dengan cara cicilan. Ini berarti bahwa Anda memiliki kewajiban rutin untuk membayar cicilan setiap bulan selama bertahun-tahun.

Sekalipun, pada saat ini, Anda juga harus menyiapkan dana untuk kebutuhan spesifik lainnya, seperti pembayaran biaya pendaftaran untuk anak sekolah. Belum lagi biaya tak terduga. Disarankan bahwa jumlah pembayaran bulanan tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan Anda.

Pikirkan juga tentang uang muka, yaitu DP untuk membayar. Semakin banyak DP akan diringankan di masa depan. Tetapi ini juga membutuhkan persiapan dana besar di awal.

Jangan membeli hanya untuk gengsi

Tetapkan tujuan Anda untuk membeli mobil dan bukan hanya untuk membuktikan bahwa Anda sudah mapan atau untuk menunjukkan kepada orang lain. Kenyamanan, fungsi, dan keamanan harus menjadi faktor utama saat membeli, terutama jika dapat digunakan untuk bisnis juga.

Jika Anda menggunakannya untuk tujuan bisnis, Anda harus memilih jenis pickup atau double cab (juga memikirkan pajak tambahan atau biaya KIR) dan jika keluarga adalah jenis minibus yang paling tepat.

Biasanya, perasaan gengsi dapat membuat kondisi keuangan lebih kritis. Misalnya, pembelian tidak sesuai dengan kapasitas tas, tetapi memaksa untuk memilih merek dengan jenis tertinggi.

Meskipun sudah ada banyak mobil dari China, seperti Wuling, yang berkualitas sangat baik tetapi dengan harga yang cukup terjangkau.

Saran untuk membeli mobil baru pertama harus menjadi perhatian khusus untuk menghindari penarikan kendaraan dari bagian yang disewa.

Pencarian dealer dan mobil disesuaikan dengan kemampuan Anda

Anda bisa mulai dengan mencari online, memperhatikan harga mobil yang Anda inginkan. Lalu, berapa banyak DP yang bisa dimulai untuk mobil yang Anda targetkan. dan perhatikan betul mou nya agar anda tidak terjebak dengan jahatnya jeratan riba.

Setelah itu, Anda bisa pergi ke dealer yang menurut Anda bisa memberikan harga yang benar. Mungkin teman Anda adalah penjual di salah satu Dealer, sehingga keuntungan Anda akan lebih besar.

Lakukan uji coba atau tes drive

Untuk lebih yakin dengan keputusan Anda ketika Anda telah memilih mobil yang diinginkan, segera lakukan uji coba atau test drive. Ini dilakukan agar Anda merasa yakin bahwa mobil itu sesuai keinginan. Selain itu, tes mengemudi juga penting untuk mengetahui karakteristik mobil, dari kenyamanan hingga keselamatan.

Apakah mobil sulit dikendarai atau off-road?

Apakah Anda senang berkendara off-road? Atau apakah Anda hanya menggunakan mobil untuk pergi ke kantor atau untuk keluarga jalan-jalan? Memilih mobil yang tepat bukan hanya soal harga tetapi kemampuan dan kegunaan.

Jika Anda menggunakannya setiap hari di kota, pilihlah city car. Tetapi jika Anda sering pergi keluar kota atau berkendara di medan yang kasar, pilihlah mobil yang tepat untuk Anda.