Tips Cara Merawat Mobil Bekas

Merawat mobil bekas. Jika Anda memiliki mobil bekas, baik mobil tua atau mobil sekarang, jangan ragu dan jangan  malas dan pelit dalam merawatnya. Dengan perawatan yang baik, mobil Anda akan bertahan lebih lama dan tetap nyaman. Cara merawat mobil bekas dalam merawat transmisi manual sedikit berbeda dengan mobil otomatis.

Di bawah ini adalah beberapa tips sederhana untuk merawat mobil bekas. Meski hanya mobil bekas, jika dirawat dengan baik, senyaman mobil baru. Pemeliharaan mobil bekas tentu lebih rumit daripada perawatan mobil baru. Pelajari cara merawat mobil bekas, sistem manual atau otomatis.

Cara merawat mobil bekas sehingga performa mesin dan sistem bantuan tetap prima. Banyak hal yang dianggap sepele dan bukan bagian dari program perawatan mobil bekas, walaupun setiap bagian mobil melakukan fungsi penting dan harus diperlakukan sama. Biaya pemeliharaan mobil antara mobil baru dan mobil bekas relatif sama.

Hal ini disebabkan oleh penggantian suku cadang yang tepat untuk mobil baru dan bekas di jenis kendaraan yang sama, walaupun mereka berbeda tahun. Misalnya, kendaraan, terutama yang berusia di atas lima tahun, harus lebih memperhatikan prosedur perawatan kendaraan. Sedikit, Anda tidak siap, tentu saja, membekukan biaya perawatan sangat memungkinkan.

Pelajari lebih lanjut tentang merawat mobil bekas, transmisi manual atau otomatis.

Cara Merawat Mobuil Bekas Transmisi Manual atau Otomatis

Merawat Radiator

Radiator cukup penting sebagai pendingin mesin, jumlah air pada radiator menentukan seberapa banyak radiator dapat mendinginkan mesin. Tentu saja, rotasi kipas bagus. (bahkan tiba-tiba mogok karena kepanasan). Sebelum perjalanan panjang, periksa apakah airnya berkurang, tambahkan maksimal.

Pastikan bahwa air pada radiator selalu penuh, jangan berkurang, gunakan air bersih sehingga radiator bertahan lebih lama karena jika air kotor, akan mudah terbentuk dan harus dibersihkan .

Membersihkan filter karburasi

Banyak mobil bekas kadang-kadang sulit untuk memulai, ini sebenarnya disebabkan oleh filter kotor di filter carburizing mobil. Dengan cara ini, Anda perlu berurusan dengan mesin mobil bekas dengan membersihkan filter karburasi secara teratur.

Merawat mobil bekas dengan membersihkan filter karburasi menggunakan sikat gigi sebagai alat untuk membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada filter karburasi. Saat membersihkan bagian filter karburasi ini, sangat disarankan untuk menghindari kompresor dan pengering rambut agar tidak merusak lapisan filter.

Ganti oli secara berkala

Tip berikutnya untuk merawat mobil bekas adalah mengganti oli secara teratur. Seperti kita ketahui, performa mesin mobil sangat tergantung pada perawatan oli. Agar kondisi pada mesin mobil ini selalu baik, penggantian oli di dalam mobil harus dilakukan secara berkala sesuai dengan aturan standar masing-masing jenis mobil itu sendiri. Secara umum, sangat penting untuk mengganti oli di mobil Anda jika kendaraan Anda telah menempuh jarak sekitar 3.000 hingga 5.000 km.

Tidak cukup di sana, dalam memilih oli untuk mobil yang sesuai dengan tingkat mesin mobil Anda, ini dapat mencegah panas berlebih pada mesin kendaraan Anda. Karena oli sangat penting untuk ketahanan mesin mobil, mampu menahan gesekan pada mesin mobil.

Rem dan Aki

Sistem rem mobil modern dirancang untuk diganti secara berkala untuk mempertahankan efisiensi pengereman maksimum. Jika Anda melihat ada masalah dengan rem, bawa mobil Anda ke garasi untuk memeriksa kondisi rem Anda. Rem ini memiliki peran penting. Jika rem Anda bermasalah, Anda dapat mengalami kecelakaan yang sangat serius.

Memeriksa Aki juga sangat perlu untuk mengetahui keadaan kering atau air. Jika sudah mulai kering, segera isi ulang baterai sehingga bisa bekerja dengan baik lagi. Hal semacam ini biasanya membuat Aki cepat habis.

Periksa Aki sebulan sekali untuk membersihkan korosi. Hindari menggunakan Aki yang tidak layak karena tentu saja, jika Anda dalam kemacetan lalu lintas atau di jalan yang sepi dan mobil Anda tidak dapat hidup, masalahnya akan menjadi serius.

Aki tidak akan digunakan selamanya, Anda harus mengganti aki mobil pada waktu yang tepat. Periksa juga alternator untuk memastikannya masih berfungsi dengan baik.

Jendela Mobil

Cara selanjutnya merawat mobil adalah dengan memeriksa jendela. Pastikan semua jendela, jendela mobil, cermin, dan lampu Anda bersih dan dalam kondisi baik. Ganti lampu atau cermin / kaca sesegera mungkin jika rusak.

Jika ada celah kecil pada kaca depan mobil Anda, maka dapat segera dibawa ke service jika kaca depan dapat diperbaiki atau diganti. Periksa secara teratur untuk retakan dan kerusakan seperti ini.

Untuk menghindari kerusakan kecil seperti di atas, jaga jarak Anda dari mobil di depan Anda untuk menghindari risiko tabrakan dengan benda-benda di jalan atau puing-puing jauh dari muatan. Bahkan kerikil kecil di belakang truk dapat merusak kaca depan mobil Anda.

Panaskan mesin setiap hari

Merawat mobil bekas selanjutnya yang digunakan adalah menghangatkan mesin secara teratur. Mesin harus dipanaskan untuk menjaga mesin dalam kondisi baik. Tanpa pemanasan yang lama, mobil akan sulit dihidupkan. Ini dapat merusak mesin mobil Anda.

Biasakan panaskan mobil Anda setiap pagi, dan itu sangat perlu. Setidaknya minimal 10 hingga 15 menit sehari sudah cukup. Yang paling penting adalah bahwa mesin dapat berfungsi secara rutin dan tidak ada latensi yang terlalu lama.

Lakukan pemeriksaan ban secara teratur

Pengisian angin yang tidak sempurna pada ban menciptakan perasaan tidak nyaman saat mengemudi. Angin menjadi terlalu keras dengan angin dan, ketika berinteraksi dengan jalan berbatu, mereka terpental dengan mudah. Sementara terlalu sedikit angin menyebabkan roda patah dengan cepat.

Periksa Timing Belt

Timing belt adalah komponen mobil yang berfungsi untuk lebih memutar gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Jika terjadi dengung atau kebisingan saat mobil Anda menyala, timing belt rusak. Jika timing belt yang rusak tetap rusak, dapat merusak dan merusak komponen mesin mobil tertentu. Selain itu, catu daya Aki tidak akan berfungsi secara optimal.

Periksa status pembuangan

Knalpot merupakan komponen penting dari mobil yang berfungsi untuk menghilangkan sisa gas dari kendaraan. Secara teratur periksa kondisi knalpot mobil Anda dan pastikan tidak ada yang kotor sehingga aliran eliminasi gas dari mobil Anda lancar.

Ganti suku cadang asli

Jika ternyata ada komponen yang rusak di mesin mobil Anda. Pastikan untuk segera memperbaikinya di toko-toko resmi, karena mobil Anda akan diperbaiki oleh mekanik yang dapat diandalkan. Selain itu, jika Anda benar-benar perlu mengganti komponen mobil Anda.

Pastikan Anda membeli yang asli dan berkualitas tinggi untuk menghindari kerusakan komponen lagi. Jangan tergoda dengan produk yang murah, tetapi kualitasnya tidak dapat dibuktikan karena produk tersebut dapat merusak mesin mobil Anda.

Laukan tes gas sesekali

Jalankan mobil Anda dari waktu ke waktu dengan kecepatan tinggi. Mobil yang telah digunakan untuk waktu yang lama akan memiliki kerak pada mesin. Anda dapat menghilangkan kerak pada bagian-bagian mesin mobil ini dengan mengendarai kendaraan mobil Anda sehingga kerak bisa keluar melalui knalpot. Tapi tentu saja, selalu pastikan bahwa kondisi di mana Anda mengemudi aman dan tidak membahayakan keselamatan Anda dan orang lain di jalan.