Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula
Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula

Ingin beli mobil bekas? Tips apa saja yang harus di pahami saat membeli mobil bekas untuk pemula.

Jumlah mobil bekas atau second dari hari-kehari semakin meningkat. Tentu saja, ini terkait dengan mobil-mobil baru yang didukung oleh spesifikasi yang mumpuni. Ini adalah faktor yang membuat mobil bekas semakin banyak beredar di pasaran. Selain itu, rilis terbaru masih menarik perhatian pemilik mobil lama untuk selalu memiliki mobil baru berdasarkan perkembangan saat ini.

Kondisi mobil bekas tidak selalu normal, tergantung pada penggunaan dan perawatan pengguna sebelumnya. Yang lebih parah lagi adalah mobil bekas yang terkena dampak bencana alam, seperti banjir. Kondisi ini tentunya sangat mempengaruhi kualitas mobil bekas dan calon pembeli harus selalu berhati-hati ketika memilih mobil bekas.

Saat mencari mobil bekas, calon pembeli harus memperhatikan beberapa elemen terkait kondisi penggunaan mobil bekas. Dari mesin, kondisi fisik, hingga kendaraan yang didokumentasikan. Karena itu, ada beberapa tips untuk membeli mobil bekas dalam keadaan tertentu yang membutuhkan pengetahuan mendalam.

Situasi ini terkait dengan kondisi mobil dan pembelian mobil bekas. Cara beli mobil bekas tentang bagaimana pembeli potensial membeli mobil bekas Bisa online, kredit, uang tunai dan lelang. Metode ini akan dibahas karena sangat berguna bagi Anda untuk dapat membeli mobil bekas dengan cara yang berbeda. Tapi, selalu gunakan tips agar ANda tidak tertipu saat beli mobil bekas.

Berikut Tips Beli Mobil Bekas untuk Pemula

Dapatkan informasi

Sebelum pergi ke showroom mobil bekas untuk menelusuri mobil masa depan Anda, lengkapi diri Anda dengan informasi dengan mencari online. Saat ini, banyak situs menawarkan analisis komprehensif pada mobil bekas.

Temukan jenis dan merek mobil yang memenuhi kebutuhan Anda. Setelah menemukan merek dan model yang sesuai, pastikan Anda mendapatkan harga dan spesifikasi pasar. Ingatlah untuk menyimpan informasi sehingga Anda dapat membandingkannya segera ketika Anda mengunjungi showroom.

Beli mobil bekas di tempat yang dipercaya

Jangan membeli mobil bekas di sembarang tempat. Terutama di tempat penjualan ilegal. Beli di titik penjualan yang sudah memiliki merek dan dapat diandalkan. Tempat-tempat yang sudah memiliki merek akan mencoba mempertahankan nama mereka sehingga mereka tidak mengeluh tentang pembeli.

Tempat yang bisa dipercaya juga biasanya cukup berani memberikan jaminan, bahkan hingga 100% dari uang yang dibayarkan kembali jika mobil yang dibeli ternyata cacat. Ditambah lagi, mereka tidak sembarangan menyediakan mobil untuk dijual. Biasanya mereka memasok pabrikan mobil besar.

Jangan tergoda dengan harga murah

Ketika Anda membeli mobil bekas di pameran, tentu saja Anda ingin harga termurah, kan? Berhati-hatilah saat Anda mendapatkan penawaran promosi super murah. Jangan mudah tergoda dan langsung mengunjungi showroom.

Kami menyarankan Anda terlebih dahulu memeriksa kebenaran promosi. Biasanya, ini dilakukan sebagai umpan sehingga calon pembeli datang ke showroom.

Selain itu, pepatah “Ada harga ada barang” juga berlaku untuk pembelian mobil bekas. Jika mobil ditawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasar, Anda harus memeriksa kondisinya dengan lebih hati-hati.

Periksa keadaan Body

Perhatikan bagian tubuh mobil yang mungkin telah diganti. Metodenya bisa dengan memeriksa di Google status mobil baru. Kemudian bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Periksa dari dalam dan luar mobil. Misalnya, jika pintu mobil telah diganti, pastikan bahwa lebar antara pintu dan kusen selebar pintu. Jika berbeda, bisa berupa benturan atau cacat.

Periksa kondisi mesin

Untuk memeriksa kondisi mesin, kemampuan teknis yang memenuhi syarat diperlukan. Mobil yang kebanjiran biasanya terdengar lebih keras daripada mobil biasa. Atau Anda harus mengundang orang teknis untuk memeriksanya. Saat ini, bengkel mobil juga semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

Periksa dokumen kendaraan

Saat ini, banyak dokumen mobil bekas palsu. Anda harus memperhatikan dokumen kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa registrasi kendaraan, BPKB dan dokumen lainnya. Anda dapat memfotokopi dokumen dan memeriksanya di kantor polisi regional terdekat.

Eksterior mobil

Setelah Anda menemukan penjual dan lokasi mobil, saatnya beralih ke langkah berikutnya, yaitu memeriksa. Bagian mobil yang biasanya Anda perhatikan adalah bagian luar mobil. Periksa saja bagian pertama dari tampilan ini. Di bagian luar mobil ini, beberapa bagian mobil yang perlu diperiksa adalah bagian-bagian tubuh.

Perhatikan apakah ada goresan atau kerusakan pada bodywork mobil ini, bagaimana kondisi catnya, apakah masih mulus atau kasar? Perhatikan juga bagian kaca, jika ada bagian yang retak atau pecah. Berhati-hatilah, apakah itu rusak dan bisa menyala dengan baik, atau bahkan lampu tidak lagi terang, atau bahkan tidak lagi menyala. Lihat juga kondisi keempat ban, apakah masih dalam kondisi baik atau aus. Coba juga lihat di bawah untuk melihat apakah sudah berkarat dan keropos.

Aksesoris dan interior

Setelah selesai dengan eksterior dan bagian-bagian mesin, saatnya untuk melihat aksesori dan bagian interior mobil. Beberapa komponen aksesori dan interior saat beli mobil bekas yang perlu Anda perhatikan termasuk dashboard, penyesuaian AC, kualitas karpet dan kursi serta bagian atas.

Pastikan untuk mencoba menempati kursi, lepaskan dan periksa kualitas jok. Bagian kaca tidak boleh diabaikan saat mencoba menaikkan dan menurunkan kaca depan. Periksa juga tombol penghapus dan kondisi pembukaan dan penutupan pintu mobil. Terakhir, coba juga periksa sinyal belok, lampu sen, lampu depan, dan lampu rem. Penting juga bagi Anda untuk mencoba radio atau audio lainnya dengan menyalakan dan memutarnya.

Periksa bodywork

Setelah itu, periksa kondisi bodywork dan eksterior mobil secara keseluruhan. Pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan kaca depan masih asli atau tidak. Perhatikan juga kondisi cat mobil, terkadang cat mobil menjadi tergores akibat perbaikan yang tidak rapi.

Yang paling penting saat memeriksa bodi adalah struktur rangka utama mobil. Pastikan sasis atau sasis mobil masih dalam kondisi sempurna, tidak ada tabrakan atau perbaikan.

===

Bawalah teman atau mekanik ahli

Merupakan ide bagus untuk mengajak teman atau mekanik yang mengerti dan ahli masalah mobil bekas. Sekalipun Anda tahu mobil, pemeriksaan ini akan mengurangi risiko kerusakan yang terlewat.

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang dapat membantu Anda, gunakan layanan inspeksi mobil bekas yang menyediakan mekanik yang andal dan berpengalaman untuk memeriksa mobil bekas. Dengan bantuan seorang profesional, Anda tentu saja akan lebih percaya diri dalam membeli mobil pilihan Anda.

Teliti dan jangan terburu-buru

Membeli mobil adalah biaya yang relatif mahal bagi kebanyakan orang. Karena itu, sebagai pembeli potensial, Anda harus sangat berhati-hati sebelum melakukan transaksi.

Bandingkan semua opsi dan jangan terburu-buru. Gunakan tips di atas untuk beli mobil bekas dan memilih mobil bekas yang berkualitas, pastikan untuk mengecek kondisi mobil dan kelengkapan surat, Anda akan terhindar dari kerugian dalam pembelian mobil.